• 061-8367438
  • ykksp@yahoo.com
Berita

Kota Layak Anak Sebagai Komitmen Pemenuhan Hak Anak

30 Mei 2017

(dok.kksp)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah dalam menjalankan kewajibannya dalam melakukan pemenuhan hak anak sudah tidak abu-abu lagi. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, telah menandatangani Komitmen dan Deklarasi Percepatan Pengembangan Kabupaten-Kota Layak Anak (KLA) di Pontianak, Kalimantan Barat. Penandatanganan ini dilakukan dalam rangka pemenuhan hak dan perlindungan anak yang diamanatkan dalam Konvensi Hak Anak (KHA) melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 serta komitmen Indonesia dalam mendukung gerakan “World Fit for Children” (Dunia yang Layak bagi Anak).

Kota Layak Anak menjadi salah satu penerobos terhadap pemenuhan hak anak, hal ini seperti yang dikatakan oleh Ibu Yohanna untuk mengembangkan KLA di setiap kabupaten-kota, harus mengacu pada 24 indikator pemenuhan hak dan perlindungan anak yang secara garis besar tercermin dalam lima klaster hak anak, yakni hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta hak perlindungan khusus bagi 15 kategori anak.

Dalam konteks KLA, langkah ini merupakan percepatan terhadap pemenuhan hak anak yang selama ini abu-abu dalam pemenuhannya. Kemudian juga ditegaskan oleh beliau pemerintah pusat, pemprov, dan pemerintah kabupaten- kota harus memastikan semua anak yang memerlukan perlindungan khusus mendapatkan layanan mulai dari layanan pengaduan, kesehatan, rehabilitasi sosial, bantuan hukum sampai pada layanan reintegrasi. Untuk mencegah kekerasan terhadap anak, Kemen PPPA juga telah menerbitkan Strategi Nasional Pencegahan Kekerasan terhadap Anak 2016-2020. – (inf)

 

Berikan Tanggapan anda